5 Channel Telegram yang Bermanfaat

Google.com

Kehidupan di dunia maya menghadirkan banyak cerita dan banyak ilmu yang dapat kita petik. Oleh karena itu, aku sering kali mencari ilmu apa saja yang bisa dimanfaatkan. Jika di Facebook ada Fanpage, di Wa ada grup chat, dan di telegram ada yang namanya Channel. Channel ini berisi apa saja yang ingin dibagi oleh pemilknya tanpa bisa dikomentari sehingga aplikasi telegram ini sangat cocok dibuat oleh mereka yang bisa dibilang sudah memiliki kapasitas keilmuan yang lebih dan ia bersedia memberikan ilmunya secara gratis. Serta cocok juga untuk mereka yang haus akan ilmu.

Aplikasi ini cukup baru bagiku, karena aku tak pernah mau mendownload aplikasi sosial yang tidak bisa digunakan atau tidak bisa memberikan manfaat. Namun, karena suatu keperluan yang mengharuskan meng-instalnya maka aku menjadi pengguna setianya bahkan sampai sekarang. Meskipun awal-awal telegram ini sering eror. Namun, dengan solusi yang kutemukan, masalah eror telah teratasi.

Baca juga : Gara-gara Telegram Eror

Sudah diketahui bahwa llmu yang kudapat dari telegram adalah seratus persen gratis. Sebuah keberkahan yang melimpah. Hanya menyediakan kuota untuk mengunduh file, video, audio, atau dokumen maka aku telah mendapatkan banyak ilmu. Oleh karena itu, sebagai rasa terima kasihku kepada Channel-channel telegram yang telah berjasa. Berikut beberapa channel telegram yang bermanfaat dan telah mencapai subscribe di atas 5000an.                                                                                                                                                              
1. Audio Magnet Rezeki|@audiomagnetrezeki (88.7K Pelanggan)
Channel ini adalah channel kedua yang dimiliki oleh Ust Nasrullah, berisi tentang kumpulan audio yang pernah ia bagikan di channel pertamanya. Penulis dan penggagas magnet rezeki. Setelah membaca bukunya yang begitu luar biasa. Aku tak banyak berfikir untuk langsung menuangkan resensinya agar banyak yang lebih mengenal ilmu magnet rezeki ini. Sebuah ilmu yang memberikan ketenangan bagi pembacanya, terlebih jika kita mampu mengamalkannya dalam kehidupan sehari-hari. Dan sampai sekarang pun aku masih belajar  dalam menerapkannya karena dibutuhkan latihan terus menerus agar mampu merengkuh keajaiban dari ilmu tersebut.

Baca juga: Resensi Buku Magnet Rezeki

Channel pertama dari Ust Nasrullah yaitu Nasrullah-Magnet Rezeki (@rahasiamagnetrezeki) 83.3K pelanggan. Channel tersebut kebanyakan berisi testimoni dari pembaca atau peserta yang pernah mengikuti training yang diadakan Ust Nasrullah. Selain itu juga jadwal seminar magnet Rezeki yang dapat diikuti di beberapa kota di Indonesia. Bergabung dalam channel ini akan membuat kamu menyesal, mengapa tidak dari dulu? hehehhe.

2. Dewa Eka Prayoga|@dewaekaprayoga (77.9K pelanggan)
Channel ini sangat cocok untuk mereka yang tertarik pada dunia usaha. Di sini kamu akan mendapatkan ilmu-ilmu dalam berjualan. Bukan hanya berjualan saja tetapi bagaimana menjadi pengusaha yang tidak melupakan akhirat. Persoalan uang selalu mengedepankan yang namanya harta dunia. Terkadang seseorang bisa kalap dan menjadi buas memakan harta yang bukan miliknya. Segala cara dilakukan untuk memperbesar usahanya. Siapapun yang menghalangi akan disingkirkan. Maka diperlukan sesuatu sebagai batas, yang menjadikan diri kembali mengingat.  Tentang apa yang harus dilakukan atau tidak dilakukan.

Sekadar info nih, channel ini banyak ebook-ebook bemanfaat loh. Bukan hanya dari Kang Dewa, tetapi dari sahabat-sahabatnya juga. Langsung saja gabung di sini.

3. Arafat|@arafat_channel (17.5 pelanggan)
Channel ini merupakan channel terbaru yang kuikuti. Entah sejak kapan aku bisa nyasar ke sini heheh. Membaca isinya pun baru sekilas, tetapi satu yang membuat aku rekomendasikan grup ini karena tulisan-tulisan yang diberikan sangat bermanfaat. Selain tulisan ada juga ebook, ebook terakhir yang dibagikan olehnya adalah dua ebook yang merupakan gambaran dari dua bukunya. Kangen Ramadhan Lagi dan Lagi Kangen Ramadhan. Aku kira dua judul ini cocok menemani hari-harimu sebelum memasuki Ramadan. Berhubung sekitar sebulan lagi kita bertemu dengan bulan ramadan.

4. KMO Club|@KMOClub (7.3K pelanggan)
Akhir tahun kemarin, aku sempat mengikuti kelas menulis online ini. Ini dia channelnya,  Channel ini bebas diikuti siapa saja. Jadi, meskipun kamu belum pernah ikut KMO boleh saja bergabung. Siapa tahu bisa dapat info dari channel ini. Dan bisa berminat untuk menulis juga, heheheh.

5. Matan Tajwid |@matantajwidMTQ (5.7K pelanggan)
Dilihat dari judul, kamu sudah pasti tahu apa isi dari cahnnel ini. Channel yang memiliki 5.7K pelanggan ini banyak memberikan ilmu tajwid yang dikemas dalam audio, video, ataupun gambar. Selain itu juga link menuju alamat Facebbok atau Youtubenya Matan Tajwid. Disana juga diberikan ilmu-ilmu tajwid yang tentunya kalian butuhkan untuk menambah wawasan dan memperbaiki kualitas bacaan alquran.

Tentunya masih banyak channel lain yang bermanfaat untuk diikuti. Hanya saja, aku baru menemukan channel-channel yang di atas. Daripada hanya dinikmati sendiri lebih baik dibagikan juga di blog ini. Jika ada rekomendasi channel lainnya silakan tinggalkan di komentar.

Semoga bermanfaat.

@gudesma_arin

You Might Also Like

6 komentar

  1. Makasih mbak arin.. infonya bermanfaat banget...

    BalasHapus
  2. No 2 sudah gabung. Saya tertarik no 1.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sipp,, No.1 yg paling keren menurutku 👍
      Ilmunya daging semua

      Hapus
  3. Hanya dua aja yg saya pernah gabung 🙈

    BalasHapus
  4. Aplikasi telegram baru bagi saya dan jarang online juga. Baru gabung yang nomer 2.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar