From April Mop to April Move On



Media sosial takkan pernah berhenti untuk memberikan berita terhangat, terbaru dan sering dicari setiap harinya. Seperti hari ini, peringkat 1 tema yang paling populer adalah April Mop, lalu twitter dengan mudahnya menjadikan April Mop sebagai salah satu trending topik yang sering di tweet. Seperti biasa kita seringkali ikut-ikutan retweet dan memberikan pandangan setuju atau malah kontra. Setuju ataupun kontra tanpa meneliti kebenarannya adalah perbuatan yang mestinya kita hindari karena apa yang kita share masih abu-abu, beruntung kalau itu benar maka kita terbebas tetapi kalau berita hoax maka kita akan dicap sebagai penyebar hoax yang sebenarnya tak bermaksud begitu.

Maka dari itu, dalam interaksi dalam bermedia sosial. Baca sebelum berkomentar, teliti sebelum di-share, dan tetap menggunakan kalimat-kalimat yang sopan agar tak memberikan kesalahpahaman yang berujung pada hoax dan ujaran kebencian. Karena dunia maya tak terbatas, semua bisa lepas dalam memunculkan semua kreativitas yang dipunya sehingga membuat seseorang menjadi lepas kendali dalam meminimalisir semua yang diterima atau pun didengar.

Tak banyak ulasan tentang April mop, tapi sejauh yang saya ketahui bahwa April Mop adalah hari yang memperbolehkan seseorang berbohong dalam rangka bercanda dan tidak dianggap sebuah kesalahan. Jadi, hari ini mengajarkan kita bahwa kebohongan pada tanggal 1 april adalah sebuah keharusan yang patut dirayakan untuk memperingatinya.

Namun, sebagai muslim yang mengetahui bahwa berbohong itu termasuk dalam dosa  maka hendaknya kita memilah kembali hari kebohongan itu, apakah pantas kita melakukannya? bagaimana dampaknya terhadap orang yang kita bohongi? bagaimana kalau orang yang kita bohongi sedang menderita penyakit jantung dan tiba-tiba kehilangan nyawa karena kebohongan yang kita bagikan, atau berita-berita bohong yang mencemarkan nama baik seseorang sehingga menimbulkan konflik antar keluarga, masyarakat, antar bangsa atau antar umat beragama?

Akhir-akhir ini di dalam dunia global sudah seringkali terjadi hoax yang sering dipercaya oleh masyarakat yang memang buta akan berita tersebut. Maka dengan momentum april mop ini kemungkinan memudahkan mereka yang sudah terlanjur ber mop-an ria di bulan-bulan lainnya pun menjadi leluasa dan sebagai kesempatan baik untuk menyebarkan berita hoax yang pada akhirnya masyarakat sulit membedakan antara berita yang fakta atau hanya sekadar hoax. Terkadang fakta yang tak dimunculkan di masyarakat akan menjadi fakta yang diragukan kebenarannya sedangkan hoax yang sering dimunculkan di kehidupan masyarakat dapat menjadi sebuah kebenaran yang diterima.

Daripada ikut kampanye dalam menyebarkan hari berbohong sedunia, alangkah baiknya kita move on ke berita-berita atau hari-hari yang lebih penting. From April Mop to April Move On. Move on dari segala berita bohong yang diterima atau yang pernah tersebarkan oleh tangan jahil kita. Move on dari berbohong meski hanya bermaksud bercanda, Move on dari mencaci atau memaki postingan yang menurut kita tidak pantas atau menjengkelkan. Move on menyebarkan dan memprovokasi orang lain untuk menyudutkan suatu kelompok. Move on dalam bermedia sosial menuju pegiat medsos yang bijak dalam menanggapi semua berita yang beredar.

Namun, waktu move on itu kapan saja. Tak hanya saat april mop yang diganti menjadi april move on. Namun setiap saat, karena perubahan baik itu akan memberikan dampak baik bagi pengamalnya dan orang-orang sekitar yang juga mendapatkan percikan cahaya dari kebaikan tersebut.

Ambil baik dan buang yang buruk, jika kita tak menyukai maka ambil hikmah yang tersembunyi bukan mencaci atau memaki. Keburukanmu untukmu sendiri dan kebaikanmu juga untukmu.

Mari Move On dari Hoax dan membuat postingan yang bermanfaat.

Semoga bermanfaat

@gudesma_arin
01042018
#onedayonepost
#Nonfiksi

You Might Also Like

11 komentar

  1. Baru tahu April mop itu artinya seperti itu. Yuk terus move on....:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. budaya barat ini mb. Dengan medsos jadi tersebar sampe ke Indonesia jga😅

      Hapus
  2. Lucu judulnya mbaa kreatif 😆

    BalasHapus
    Balasan
    1. heheh,, Mb herrisa,, iseng2 buat plesetan dari April mop😅

      Hapus
  3. Memang harus bijak dalam bermedsos ya mbak, termasuk tidak mudah menyebarkan berita yang belum ada kejelasan kebenaran

    BalasHapus
  4. Tulisan ini gak sedang ngapril mop kan? Hihi... yuk move on.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihihi.. gak pak,,,
      mendingan move on😅

      Hapus
  5. Wahhh move on yuukkk.. Move on every day.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar