Minuman Segar untuk Berbuka Puasa

"Gambar dari google, dengan sedikit modifikasi"

Bismillah, Tahun ini adalah tahun pertama ramadan setelah menjadi member ODOP. Kali ini saya tidak akan melewatkan tantangan dari ODOP untuk menulis setiap hari selama bulan ramadan. Tulisan yang di-posting harus sesuai dengan tema atau kata wajib yang diberikan. Jadi, setiap harinya akan ada postingan berbeda dengan tema-tema yang menarik dan tentunya masih erat kaitannya dengan bulan suci ramadan.

Mungkin apa yang saya tulis disini masih biasa saja atau bahkan tak memberikan apa-apa. Semoga yang membaca ini tetap memperoleh manfaat walaupun sedikit. Karena tak ada sesuatu yang sia-sia bila dilakukan dengan ikhlas. Sedikit manfaat itu jauh lebih baik dari sebuah kesia-siaan yang tak memberikan manfaat sama sekali.

Alhamdulillah hari ini telah memasuki puasa pertama bagi setiap umat muslim dalam menjalankan perintah Allah selama bulan ramadan yaitu tidak makan dan minum dari terbit fajar hingga terbenam matahari. Tak hanya menahan perut untuk makan, kaum muslim juga diharapkan dapat menahan hawa nafsunya agar meninggalkan hal buruk, hanya fokus pada kebaikan saja.

Ada puasa tentunya akan ada saatnya berbuka. Maka dari itu, kita seringkali menyiapkan banyak menu makanan untuk berbuka. Untuk melepaskan dahaga yang ditahan seharian selama puasa, kita membutuhkan cairan sebagai penggantinya agar badan lebih segar dan dapat melaksanakan sholat tarawih dalam keadaan yang baik dan dapat menjaga kekhusyu'an saat beribadah. Minuman yang masuk ke dalam tubuh bukan sekadar minuman, karena salah satu syarat makanan adalah baik untuk kesehatan tubuh, tentunya yang paling utama adalah kehalalannya baik zat makanannya juga cara mendapatkannya.

Mari kita menyegarkan diri dengan tiga minuman berikut ini. Yang lagi puasa jangan ngiler ya, ini cobaan 😂😂

Air Putih
Menu yang satu ini selalu ada setiap saat. Apapun makanannya, air putih tetap minuman favoritnya. Ehehe, seperti bahasa iklan salah satu produk ya. Tak hanya saat berbuka, sahur ataupun sehari-hari kita selalu menyediakannya. Meskipun dianggap biasa, air putih mempunyai banyak manfaat diantaranya menghilangkan dehidrasi (sebagai pelepas dahaga), menjaga keseimbangan cairan di dalam tubuh, meningkatkan energi dan lain sebagainya.

Air putih memang tak ada tandingannya. Darinya pun banyak minuman baru yang dibentuk seperti kopi, teh, susu bahkan sirup pun ditambahkan air untuk menjaga keseimbangan rasa yang diolah sedemikian rupa agar rasa yang dihasilkan cocok di lidah.

Sirup
Selain air putih, sirup merupakan menu wajib yang selalu ada di setiap dapur kita. Benar kan? Apalagi kalau menjelang bulan puasa. Sirup menjadi favorit sebagai minuman pendamping untuk berbuka setelah seharian berpuasa. Sirup menjadi pilihan utama karena cara menyajikannya sangat praktis dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Kita hanya menyiapkan sebotol sirup yang telah dibeli dari warung terdekat atau supermarket. Lalu sedikit gula dan air secukupnya. Semua bahan dijadikan satu, diaduk sampai merata. Jangan lupa tambahkan es batu supaya lebih segar saat menikmatinya. Dan yang paling menarik dari sirup adalah banyaknya rasa yang tersedia sehingga sedap dipandang juga segar dinikmati.

Sup Buah
Sup buah atau es buah ini minuman yang seringkali dihidangkan saat berbuka. Selain pelepas dahaga, buah-buahan yang terkandung didalamnya memberikan banyak vitamin untuk kesehatan tubuh agar lebih kuat untuk menjalani puasa. Minuman ini bisa dibuat dari campuran sirup dan susu atau campuran gula dan susu, atau sesuai selera. Buah-buahan yang dimasukkan kedalamnya pun bisa kita variasikan sesuai selera. Misalnya saja jambu, apel, anggur, alpukat, buah naga dan sebagainya.

Minuman mana nih yang jadi favoritmu, share di komentar dong beserta alasannya. 😊😊
Atau ada rekomendasi minuman lainnya???

#Day1
#RWCODOP2018
#OneDayOnePost
#1Ramadan


You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar