Hijrah adalah Istiqomah



Hari ini bertepatan dengan tanggal 1 muharram 1439 H adalah hari pertama dalam menjalankan misi ODOP ( One Day One Post)  meski sebelumnya telah menulis tentang odop sebagai syarat masuk ke komunitas ini dan semalam juga diberikan sejarah serta program-program Odop oleh sesepuh (eitss, maksudnya oleh pendiri dan pengurusnya) yg telah berjasa membangun komunitas yg baik ini.

Ngomong-ngomong tentang 1 muharram,  kalau mendengar kata tersebut maka kita akan dibawa kedalam sebuah kata yaitu "hijrah" karena penanggalan hijriyah juga tidak terlepas dari sejarah islam yaitu pindahnya Rosulullah SAW dari Mekkah ke Madinah pada tahun 622 Masehi. Latar belakang yang mendorong Rosulullah hijrah adalah perizinan dari Allah kepada beliau untuk hijrah dari Mekah karena kaum Quraisy sedang merencanakan persengkokolan untuk membunuh Nabi SAW yg disampaikan melalui Malaikat Jibril.

Pasti banyak pertanyaan tentang hijrahnya Rosulullah, namun jika ingin mengetahui peristiwa lengkap hijrahnya Rosulullah silahkan baca sendiri di Buku Sirah Nabawiyah atau mungkin nanti saya posting resume bila ada kesempatan...Hihihihi... Soalnya sampai sekarang masih belum khatam membaca Sirah Nabawiyah, masih on progress.

Hijrah adalah bagian terpenting dalam kehidupan seseorang. Dengan berhijrah orang yg hidupnya tenggelam dalam kegelapan mampu berjalan tegak dikelilingi cahaya - cahaya harapan. Namun dalam setiap langkah yg ditempuh dalam proses hijrah tidaklah mudah,  bahkan akan jauh lebih rumit dari apa yg pernah dibayangkan sehingga prosesnya bisa saja berhenti ditengah jalan atau mungkin akan tertarik kembali ke belakang.  Jika niat dan kemauan dikalahkan oleh keegoisan maka hijrahnya hanya sebatas impian yang tertunda.

Terus,  "apa yg aku lakukan jika serumit itu"?
"rumitnya jalan tersebut hanya sebagai ujian untuk memastikan apakah semua memang berjalan dalam koridornya atau hanya ingin pujian orang-orang demi kekuasaan yang diidam-idamkan".

Dan hanya satu pilihannya,  tetaplah istiqomah walau apapun yg terjadi,  meskipun dalam perjalanan bertemu dengan binatang buas yg begitu mengerikan, dihadang oleh tembok besar yg sulit untuk dihancurkan atau tekanan-tekanan yg dilemparkan oleh pembawa kayu bakar.
Tetaplah istiqomah,  cobalah mencari pendamping yang mampu berjalan bersamamu menghadapi setiap rintangan demi tercapai cita-cita hijrah itu. Karena berdua akan lebih menguatkan hatimu dalam setiap tindakan dibandingkan hanya sendiri melawan ataupun meratapi cobaan yg sepertinya sulit untuk ditakhlukkan.


#ODOP_1
#Hijrahyuk
#selalulahmembaca
#teruslahmenulis
#JauzaaFaadiyah
#gudesmaa21
#1439H


You Might Also Like

3 komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar