6 Resolusi Sehat yang Harus Kamu Lakukan di Tahun 2018

Selamat menyambut tahun 2018.



Banyak cara yang dilakukan untuk menyambut atau merayakan tahun baru. Berkumpul bersama keluarga, makan bersama, meniup terompet, menyalakan kembang api, membuat resolusi untuk tahun baru, merenungi waktu yang dihabiskan setahun belakangan, dan sebagainya.


Tahun baru memang selalu menjadi magnet untuk semua orang dan sulit untuk dipisahkan dari kehidupan masyarakat. Kebiasaan yang setiap tahun selalu ada serta dianggap sebagai kewajiban. Namun sangat disayangkan kewajiban mengisi tahun baru merupakan sesuatu yang tak beralasan alias hanya mengkuti trend semata tanpa tahu tujuan dari kebiasaan tersebut.

Terlepas dari kebiasaan dalam menyambut tahun baru, alangkah baiknya kita memilih kebiasaan yang baik saja. Karena keburukan yang dilakukan terus menerus maka akan menjadi daging yang sulit untuk melepaskannya. Begitupula kebaikan, jika terus dipupuk maka menimbulkan efek yang baik dalam kehidupan. Salah satunya adalah membuat resolusi tahun baru yang akan dijalani. Karena resolusi mampu mempengaruhi alam bawa sadar untuk merealisasikannya.

Dalam membuat resolusi tak hanya dilakukan saat tahun baru. Jika sudah waktunya berbuat kebaikan atau menginginkan sesuatu maka kenapa harus menunggu tahun yang belum tentu kita sampai pada saat itu. Jadi, apapun resolusi yang akan kita kejar di 2018 nanti. Upayakanlah untuk menjalaninya mulai dari sekarang. Tahun ini, bulan ini, hari ini, jam ini, dan detik ini juga.

Resolusi adalah sebuah rencana yang akan dicapai di kemudian hari. Sebuah resolusi yang baik adalah resolusi yang dituliskan, supaya menjadi pengingat dalam bertindak dan membuat diri tidak bermalas-malasan. Namun, resolusi juga ada yang tidak dituliskan yaitu pikiran-pikiran yang menggerakkan diri dan membawa kita akan ketercapaian yang diperoleh. Tetapi resolusi ini sering melalaikan sehingga dalam perjalanan waktu akan terlupakan dan hilang begitu saja.

Ada satu hal terpenting yang tidak boleh dilupakan sebelum membuat resolusi adalah mengevaluasi resolusi tahun kemarin. Seperti jika saat ini akan membuat resolusi tahun 2018 maka sebaiknya mengevaluasi resolusi tahun 2017 kemarin. Hal ini dimaksudkan sebagai ladang introspeksi dan mengetahui sebatas mana kemampuan yang ada pada diri sendiri. Juga sebagai pengingat bahwa masih ada keinginan yang belum tercapai sehingga akan diupayakan untuk tahun berikutnya.

Resolusi yang akan saya bagikan disini terdiri dari tiga komponen penting untuk mengarungi kehidupan. Tiga komponen tersebut adalah hidup sehat, gaya hidup, dan impian yang akan dicapai di tahun 2018.

*Hidup Sehat*
Hidup sehat adalah komponen awal yang sering dilupakan oleh para pembuat resolusi. Kebanyakan dari mereka menuliskan impian-impian yang ingin diraihnya. Padahal tubuh yang sehat akan memudahkan dalam melangkah menggapai impian. Bayangkan saja bila dalam satu tahun kedepan kita mengalami sakit yang tak kunjung sembuh. Maka semua resolusi yang dibuat sedemkian rupa hanya menjadi tulisan usang yang tak akan pernah terealisasikan. Oleh karena itu, mari rencanakan kesehatan mulai dari sekarang.

Yuk, Lanjut baca.

Menjaga berat badan ideal

Gemuk atau kurus tidak menjadi jaminan seseorang bebas dari penyakit tetapi jika sudah terlampau kurus maka berpotensi dalam menderita kekurangan gizi. Begitu juga yang terlampau gemuk atau kegemukan maka berpotensi dihinggapi penyakit seperti kolesterol tinggi, jantung, ataupun cepat lelah dalam beraktifitas.

Pola makan teratur

Makan adalah asupan energi yang sangat dibutuhkan oleh semua makhluk di bumi ini. Bukan hanya manusia saja. Tumbuhan dan hewan pun membutuhkannya. Oleh karena itu, pola makan yang teratur adalah cara terampuh untuk menjaga kesehatan terutama yang sering mengidap penyakt magh.

Selain pola yang teratur, kandungan nutrisi dalam makanan juga harus diperhatikan agar tidak menjadi bumerang untuk tubuh yang malahan dapat  menimbulkan penyakit baru. Contohnya saja, hindari  mengonsumsi junk food, makanan kemasan yang mengandung pengawet, penyedap rasa dalam memasak, gula yang berlebihan, dan sebagainya. Namun, disarankan untuk memperbanyak buah dan sayur yang penuh vitamin maupun serat yang lebih mudah dicerna ke dalam sistem pencernaan tubuh.

Olahraga

Mukmim yang kuat lebih baik dan lebih dicintai Allah dari pada mukmin yang lemah. 

Kalimat di atas adalah salah satu hadist yang pernah saya dengar dan saya catat rapi di salah satu buku. Jika boleh saya artikan bahwa kuat adalah sehat. Apakah ada orang kuat yang tidak sehat? jawabannya pasti tidak ada, karena setiap yang sakit pasti lemah terutama fisik. Maka sehat adalah kewajiban yang harus kita jaga.

Dengan berolahraga dapat membantu kita lebih sehat. Olahraga adalah kegiatan mengerakkan anggota tubuh yang memungkinkan keluarnya racun dari tubuh dalam bentuk keringat. Lari atau berjalan kaki adalah olahraga yang paling ringan untuk dilakukan sehari-hari tanpa mengeluarkan budget speserpun alias gratis. Hanya saja kita butuh action dan keinginan yang kuat agar terbiasa dalam aktvitas ini. Selain itu, banyak olahraga yang dapat dilakukan. Silakan tentukan sendiri olahraga yang anda sukai dan akan berdampak baik bagi tubuh anda nantinya.

Lingkungan bersih

Lingkungan juga mempengaruhi dalam menjaga kesehatan. Sampah atau kotoran yang tidak dibersihkan selama berhari-hari akan dihuni oleh bakteri jahat yang dapat menyerang sistem kekebalan tubuh. Kebersihan lingkungan tentunya diawali dengan kebersihan kita menjaga tubuh. Karena jika tubuh dibiarkan tak diperhatikan, bagaimana mungkin ligkungan ikut diperhatikan. Mulailah dari merawat tubuh lalu lingkungan kemudian tebarkan ke sekitar.

Pola tidur yang teratur

Dalam hal tidur, kebanyakan orang lebih suka begadang dengan alasan macam-macam. Dari menonton acara TV kesayangan, mengerjakan deadline tugas kantor atau tugas kuliah, dan alasan lainnya. Padahal tidur terlalu malam tidak baik untuk kesehatan meskipun dengan alasan yang memang dapat dibenarkan. Maka dibutuhkan pola tidur yang teratur agar kesehatan lebih terjaga. Kebiasaan ini tentunya butuh proses yang harus dilewati dengan disiplin dan kesabaran. Jangan lupa untuk menyetel alarm tidur dan alarm bangun sebagai pengingat akan kebiasaan baru yang ingin dicapai di tahun 2018 ini.

Check up 

Hanya sebagai tambahan resolusi. Periksa kesehatan ke dokter, hal ini dilakukan sebagai langkah pencegahan jika ada racun atau penyakit yang sedang menyerang sedangkan tubuh tidak merasakannya.

*LifeStyle (Gaya Hidup)*
To be continued....


#onedayonepost
#nonfiksi
#resolusi2018

@gudesma_arin

You Might Also Like

11 komentar

  1. Resolusinya keren, Mba. Kayanya aku juga harus membuat resolusi untuk tahun depan nih hehehe...

    BalasHapus
  2. Soal olahraga dan pola tidurku berantakan 😢

    BalasHapus
  3. Semoga resolusi sehatnya berjalan lancar ya Mbak Arin. Aku juga harus mulai punya planning resolusi sehat nih ^^

    BalasHapus
  4. Ini untuk semua orang.. aku juga perlu menjaga kesehatan.. terimakasih caranya

    BalasHapus
  5. Masyaa Allah, semoga berjalan lancar mbak. Mulai koreksi olahraga ini. Huhuhu

    BalasHapus
  6. Karena sehat adalah harta yang paling berharga.
    Semoga kita selalu diberikan nikmat sehat.

    BalasHapus
  7. Hmmm menjaga berat badan tubuh ideal ini yang masih sulit kulakukan..hiks.. Terimakasih mbak Arin sudah mengingatkan

    BalasHapus
  8. Olahraha ini tantangan banget deh buat saya....thanks for sharing ya mbaaa

    BalasHapus
  9. Sehat itu ibarat mahkota yang di pakaikan di kepala kita,sangat berharga dan mahal harganya, namun terkadang kita tidak menghargainya, baru terasa jika sudah tertimpa penyakit, semoga kita semua bisa bersama-sama mewujudkan 6 resolusi sehat di tahun 2018 , aamiin yra

    BalasHapus
  10. Yuuuk, sama-sama menuju target sehat kita...

    BalasHapus
  11. Terima kasih teman-teman sudah membaca dan meninggalkan jejak. Semoga kita dapat mewujudkan semua resolusi yg sudah direncanakan.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar