5 Alasan Mengapa Kamu Harus Bangun Pagi

Sumber gambar : Pencarian google
Suasana fajar yang hening dan hanya terdengar suara gema adzan berkumandang di setiap belahan bumi di dunia, suara yang membangunkan anak adam dari mimpi indahnya, suara yang mengantarkan para lelaki yang bercahayakan iman untuk melangkah dengan penuh semangat menuju tempat suara terdengar. Juga para hawa telah memakai mukena yang menutupi lekuk tubuhnya dan sajadah panjang telah siap untuk dinaiki demi tercapainya ibadah di hari itu. Sungguh indahnya awal hari yang langsung menyentuh langit. Dan sungguh beruntung mereka yang menjalani saat-saat tersebut.
Mengawali hari lebih cepat dari biasanya adalah kunci dari kesuksesan hari yang dijalani di hari itu. Karena dengan bangun di awal membuat kita lebih banyak waktu untuk menyelesaikan tugas setiap harinya. Sebaliknya, waktu terasa sangat singkat dan sulit untuk mengaturnya ketika mata terbuka dan beranjak dari tidur setelah matahari sudah di atas kepala. Rencana yang sudah disusun sedemikian rupa menjadi berantakan.
Mengapa kamu harus bangun pagi?
- Karena pikiran masih fresh
Suasana alam di pagi hari yang masih fresh dan sejuk membuat pikiran kita ikut tertular kesejukannya sehingga membuat otak berjalan sesuai porsinya dan memungkinkan gagasan atau ide-ide baru muncul di pagi hari. Melalui gagasan tersebut maka waktu-waktu berikutnya lebih bisa dikontrol dan menjadi lebih bermanfaat.
- Peluang waktu yang lebih banyak
Hasan Al-Banna pernah mengatakan Waktu bukanlah barang berharga seperti emas, sebagaimana dikatakan pepatah, namun ia jauh lebih mahal daripada segala harta dunia lainnya. “Waktu adalah kehidupan.”
Jika waktu adalah kehidupan, maka dengan bangun lebih awal berarti kita telah menghidupkannya lebih lama. Sebaliknya, terlambat bangun atau kesiangan membuat seseorang telah membunuh kehidupannya sendiri beberapa saat yang seharusnya bisa dimanfaatkan olehnya untuk hal kebaikan.
- Kobaran semangat yang masih menggebu-gebu
Tidur yang cukup dan berkualitas membuat orang bangun dengan semangat baru yang mendasari untuk menjadi pribadi yang lebih baik lagi. Namun, bila tidur lebih banyak dari kebiasaan maka akan menimbulkan rasa pusing dan malas yang sulit untuk dilepaskan.
- Ibadah yang terselamatkan
Bagi seorang muslim, sholat subuh adalah ibadah wajib yang harus selalu dikerjakan setiap hari. Dengan bangun di pagi hari, otomatis ibadah ini terselamatkan dari sifat lalai. Inilah hikmah dari sholat subuh yang diperintahkan, sebuah ibadah singkat yang menentukan baik-buruknya hari seseorang.
- Menumbuhkan kebiasaan baik
Suatu pekerjaan yang dilakukakn berulang-ulang tanpa melewatkan satu hari pun akan membuat pekerjaan tersebut menjadi sebuah kebiasaan. Dengan selalu bangun di pagi hari maka kebiasan baikmu akan bertambah satu poin yaitu selalu bangun dalam keadaan pikiran yang fresh dan memiliki banyak waktu untuk berkarya.
#onedayonepost #hari7 #30harimenulis

You Might Also Like

3 komentar

  1. Bangun lebih pagi juga antisipasi agak tidak terlambat saat ada aktivitas yang harus kita lakukan, misalnya ke sekolah atau bekerja.

    Pengingat diriku banget nih

    BalasHapus
  2. iya mb,,, itu salah satunya juga

    BalasHapus
  3. Aku yang masih ingin tidur namun sudah pagi.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar