Etika Komunikasi di Media Sosial




                                                     Sumber gambar : Maxmanroe.com

Etika dalam pergaulan merupakan faktor penting untuk dimiliki oleh setiap individu demi tercapainya komunikasi ideal yang menguntungkan, tidak merugikan, dan tidak menimbulkan konflik satu sama lain di kemudian hari. Dalam era modern, komunikasi yang terjadi bukan hanya di dunia nyata tetapi dunia maya yang memungkinkan orang-orang berkomunikasi jarak jauh hanya melalui perangkat ajaib yang bernama komputer dan smartphone yang terhubung ke jaringan internet. Sehingga kapan saja dan dimana saja, sendiri atau berdua. Internet selalu menarik perhatian penggunanya. 

Seperti halnya pergaulan di dunia nyata yang memiliki norma-norma yang harus ditaati, media sosial hendaknya memiliki aturan serupa. Namun, pengendalian sosial dalam dunia internet sangat sulit dilakukan dikarenakan cakupan wilayahnya sangat luas dan tak terbatas. Sehingga dibutuhkan orang-orang yang cerdas dan menyadari bahwa dunia internet bukanlah ajang untuk memamerkan keburukan, menipu orang lain, mencari uang dengan cara yang salah, dan hal buruk lainnya.
Beranjak dari semua itu, marilah kita periksa aktivitas dunia maya yang seharusnya dilakukan oleh setiap pengguna berikut ini.

-        Tidak menulis kalimat kotor
Tulisan adalah hal utama yang harus diperhatikan dikarenakan apa yang kita tulis akan dibaca oleh orang banyak terutama teman-teman di media sosial. Apakah bermanfaat atau menghina orang lain? Apakah tulisan yang bermuatan kalimat kotor serta umpatan pada sesuatu hal?
Sebaiknya tulislah kegiatan sehari-hari yang menginspirasi orang lain, buatlah keluhan yang dirasakan menjadi puisi yang bisa dinikmati keindahannya atau pantun yang menghibur pembaca serta hindarilah menuliskan tulisan yang sia-sia. 

·        Posting foto yang bermanfaat
Potograpy sangat menarik perhatian semua kalangan, apalagi musim selfi yang telah menjangkiti setiap lapisan masyarakat dari kalangan muda sampai kalangan tua. Sehingga kemanapun kaki melangkah  maka mengabadikan dan membaginya adalah hal wajib untuk dilakukan. Ada yang selfi dengan hanya menampakkan muka dan sedikit pemandangan sebagai pemanis foto yang diupload, dan bermacam gaya lainnya. Tetapi tak semua koleksi foto dalam albummu dibagikan  ke khalayak ramai. Pilih dan pilahlah beberapa foto yang cocok dipuload dan memberikan manfaat kepada pembacanya. Contohnya saja dengan memberikan caption yang baik pada keterangan foto yang diupload, seperti menyisipkan sejarah atau alasan kamu berkunjung ke tempat tersebut sehingga dapat memberikan inspirasi liburan bagi yang melihatnya.

·        Hati-hati dalam membagikan artikel
Budayakan membaca sebelum membagikan sesuatu, artikel atau catatan orang lain yang pernah dilihat sebaiknya untuk dibaca secara tuntas dan cari kebenarannya sebelum dibagikan. Karena seringkali ditemukan beberapa dan banyak artikel yang judul mengesankan tetapi isi kosong belaka. Artikel seperti itu ibarat menemukan cangkang kerang yang sangat indah namun ketika dibuka berisi racun yang mematikan. 

·        Berikan komentar yang baik
Ketika mendapati berita yang melukai perasaan kelompok atau menyudutkan pemerintahan atau yang lain-lainnya maka bijaklah dalam berkomentar karena komentar yang muncul akan langsung terekam dan dapat meracuni si pemberi komentar bila isi yang dituliskan berupa kalimat provokasi atau hal yang sensitif dan menimbulkan konflik antar golongan.

·        Bergabunglah dengan komunitas
Seperti layaknya dunia nyata, dunia maya telah menyediakan komunitas-komunitas yang dibentuk oleh orang-perorangan atau suatu kelompok yang memiliki minat dan hobi yang sama. Dengan mengikuti komunitas positif maka membuat kita lebih intens dalam mengembangkan minat dan hobi serta menambah teman dari berbagai daerah yang tak bisa terjangkau dalam kesibukan dunia nyata.

·        Carilah ilmu sebanyak-banyaknya
Manfaatkan media sosial untuk menambah ilmu-ilmu yang tidak sempat dipelajari dikarenakan kesibukan yang padat dalam keseharian. Misalnya ilmu dalam menerapkan aplikasi-aplikasi yang tidak hanya hiburan di waktu senggang tetapi dapat menghasilkan uang lewat internet, dan ilmu-ilmu lainnya dengan tetap memilah setiap ilmu yang didapat. Usahakan untuk memeriksa sumber dan kebenaran ilmu yang sedang kita temukan tersebut.

Jadikan setiap status atau karya-karya yang dibagikan teman lewat media sosial menjadi bahan renungan dan sebagai motivasi untuk menjadi lebih baik. Hindari membaca postingan yang tidak bermanfaat. 

Ingat waktu
Beselancar atau berinteraksi di internet adalah hal yang sangat mengasyikkan apalagi menonton atau melihat sesuatu yang menarik perhatian. Namun, karena hal itu membuat seseorang lupa akan waktu dan melalaikan tugas atau kewajiban yang harusnya ia selesaikan. Oleh karena itu, aturlah waktu dalm bersuka ria di dunia maya agar dunia nyatamu tak terabaikan. Jangan sampai ada kalimat yang membenarkan bahwa "Media sosial itu mendekatkan yang jauh dan mengasingkan orang terdekat."


#30harimenulis
#hari6
#onedayonepost
#nonfiksi

You Might Also Like

4 komentar

  1. Kita memang harus bijak dalam bermedia sosial ya mbak Arin ^^

    BalasHapus
  2. betul mb nova, karena apa yg kita lakukan akan berimbas ke kita sendiri.
    😊😊

    BalasHapus
  3. Iya kadang karna saking mudahnya ngetik di medsos tuh jadi suka sembarangan ya ga mikir dampak😫

    BalasHapus
  4. Anak zaman sekarang itu lebih suka baca berita di medsos dari pada di buku

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar