Bonus untuk Para Penulis



Baiklah, sebelumnya saya telah memposting kenapa kita harus menulis. Dan untuk menguatkan  kemauan kita dalam menulis. Ada beberapa bonus yang akan kita dapatkan jika terus konsisten menulis. Semoga saya dan kamu yang membaca akan mendapatkan bonus-bonus berikut ini. Jika tidak, pembiasaan menulis adalah bonus yang sudah kita dapatkan dari awal memulai menulis yaitu pembiaaan yang baik.
1. Menghasilkan Karya
Mereka yang terbiasa menulis maka lama kelamaan akan menghasilkan sebuah karya yang bermanfaat, contoh kongkretnya adalah postingan artikel di media sosial atau blog. Meskipun bisa dibilang karya yang dihasilkan hanya berupa artikel blog yang mungkin hanya dibaca oleh beberapa orang tetapi yang namanya karya tetap menjadi karya meski dalam bentuk yang kecil sekalipun.

Sesuatu yang besar selalu diawali dengan yang kecil. Kita tidak pernah tahu takdir tulisan kita yang kecil itu. Jika Allah berkehendak apapun bisa terjadi. Artikel blog pun bisa transformasi menjadi buku dan dibaca oleh banyak orang. Tak hanya itu setiap buku yang terbit pun memilki peluang untuk menjadi best seller yang akan memberikan manfaat ke orang banyak.

2.  Menambah Relasi atau Teman
Kehidupan sosial merupakan hal terpenting yang haruslah kita jaga karena silaturahmi adalah jalan untuk membuka pintu rezeki. Mereka yang menulis di blog akan menambah relasi pertemanannya dengan mengikuti komunitas-komunitas. Karena disanalah mereka berkumpul dengan memiliki tujuan yang sama. Tak hanya itu, pembaca yang senang dan merasa termotivasi dengan tulisan kita maka ia tak segan untuk menyapa duluan sehingga penulis mendapatkan teman baru dari tulisan yang ditorehkan tersebut.

3. Finansial
Untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari seseorang butuh uang untuk membeli makanan dan perlengkapan lainnya. Selain pekerjaan tetap yang ditekuni, dengan menulis orang juga bisa mendapatkan tambahan uang dari tulisan-tulisan yang dihasilkannya. Karena sebuah karya yang baik dan diterima oleh pasar akan memberikan keuntungan kepada penulis dan juga penerbitnya.

Bagi ibu rumah tangga, menulis dapat dilakukan dimana saja sehingga seorang ibu rumah tangga pun bisa melakukannya hanya dengan menulis di rumah. Sebuah keuntungan yang berlipat bagi IRT, urusan rumah dan anak-anak bisa teratasi serta tetap memiliki penghasilan senndiri.

4. Terkenal
Bonus yang akan membuat kita tercengang adalah menjadi terkenal. Contohnya saja Asma Nadia yang dikenal hampir di seluruh nusantara. Novel yang dihasilkannya best seller dan telah diangkat ke layar kaca. Hanya melalui tulisannya tersebut membuat dia menjadi dikenal oleh semua orang, sebuah bonus berharga untuk seorang penulis.

Selain itu, mereka yang tulisannya sudah terbit tapi tidak beruntung seperti Asma Nadia tetap dikenal oleh sebagian orang yaitu pembaca setianya. Dan ini adalah penghargaan yang pantas diberikan oleh orang yang telah menghabiskan waktunya untuk menulis dan berbagi manfaat kepada semua orang.

Oke, inilah beberapa bonus yang akan membanjiri para penulis yang konsisten dalam kebiasaan baiknya tersebut. Menghasilkan karya, menambah teman, menguatkan finansial dan menjadikan diri dikenal oleh masyarakat luas. Sebuah bonus yang memang pantas diberikan kepada mereka. Dan satu lagi bonus yang akan diberikan adalah pahala jariyah dari Allah SWT. Pahala yang terus mengalir meskipun orang tersebut sudah meninggalkan bumi atau sudah tiada.

Namun sebaliknya, mereka yang menulis sesuatu hal yang buruk akan mendapatkan bonus juga. Akan tetapi bonus yang didapatkan adalah hal buruk yang mengancam dirinya sendiri. Jika menulis yang baik mendapatkan pahala berarti tulisan buruk berupa ujaran kebencian, penghianaan, provokasi dan sejenisnya akan menjadi dosa jariyah yang tetap mengalir selama tulisan tersebut terus dibaca meski jasad tak lagi berjalan di bumi.

Jadi, berfikir sebelum menulis adalah hal terpenting yang harus menjadi ritual wajib sebelum menulis. Karena dampak tulisan akan berbalik ke penulisnya juga.
Semangat menulis, semoga saya dan yang membaca ini akan terus menuliskan dan membaca hal-hal yang baik.

Semoga bermanfaat.

#odop
#nonfiksi
#temabebas
@gudesma_arin

You Might Also Like

2 komentar

  1. Saat ini aku sedang merasakan manfaat kedua. Seneng banget bisa bertemu dengan teman-teman yang memiliki hobi sama. Semoga bisa saling memotivasi 😊

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar