Rasakan Sensasi Keliling Dunia dalam Sehari di Museum Angkut





Desember sebentar lagi berlalu, sebagai tanda bahwa libur panjang akan segera dimulai. Wisata bersama keluarga adalah solusi yang sangat pas untuk menghabiskan liburan. Ada yang memilih libur di rumah saja dalam rangka penghematan, ada juga yang memang sudah merencanakan liburan akhir tahun sejak awal tahun. Setiap keluarga mempunyai pilihannya masing-masing untuk mengisi hari libur. Tentunya berwisata ke tempat yang baru akan membuat kita menambah pengalaman dan menghilangkan penat sekaligus memberikan edukasi kepada anak, bukan hanya anak kandung. Kamu yang seorang guru pun bisa juga merekomendasikan sekolahmu untuk wisata edukasi di tempat ini.

Tempat yang saya maksud adalah Museum Angkut yang terletak di Jl. Terusan Sultan Agung Atas No. 2 Kota Wisata Batu, Malang. Sesuai dengan namanya museum ini menyajikan berbagai macam alat transportasi baik dalam negeri maupun manca negara. Museum ini memiliki luas sekitar 3,7 hektar, sehingga tak heran zona yang diberikan dalam museum ini cukup banyak.
Inilah sedikit cerita petualangan saya bersama anak-anak di Museum Angkut, Malang.
Awal masuk lantai pertama kami disuguhkan dengan berbagai macam alat transportasi dari berbagai negara dengan didukung papan tulisan sebagai pengetahuan baru untuk setiap pengunjung. Namun tempat ini belum terlalu menarik menurut saya karena ruangan awal ini layaknya seperti pameran mobil antik yang di pajang ditempatnya masing-masing dan dilengkapi dengan hiasan replika mobil yang disusun rapi dalam etalase.


Lalu, perjalanan berlanjut ke lantai dua. Dari sinilah perjalanan keliling dunia dimulai, diawali dengan sambutan becak yang bersusun, kami disuguhkan landmark Malioboro, Yogyakarta. Kemudian bertemu replika unta yang seperti hidup. Dan masih banyak lagi hal menarik lainnya. Lantai ini juga  sangat menarik untuk anak-anak karena menyajikan permainan edukasi yang bisa langsung diaplikasikan yaitu menebak suara dari alat transportasi. Setelah itu kami memasuki ruangan penuh mata uang yang disematkan di dinding, tentunya dengan sentuhan kreatifitas.

Selanjutnya kami menyusuri jalan dan menemukan sesuatu yang lebih indah. Kami menuruni anak tangga yang mengantarkan ke Zona Sunda Kelapa dan Batavia, Zona outdoor yang membuat kami merasakan benar-benar berada dalam keadaan tersebut. Tentunya dengan replika-replika yang seperti aslinya. Setelah itu kami menuju Run Away 27, zona yang menyuguhkan pesawat dan helikopter. Disini kami bisa merasakan berada dalam pesawat atau helikopter. Bukan hanya sebagai penumpang, kami juga diperkanankan untuk menduduki kursi pilot. Asyik bukan? Tentu saja, pesawatnya tidak lepas landas, kami hanya diberikan sensasi menjadi seorang pilot.

Setelah puas merasakan sensasi menjadi seorang pilot, saatnya menjajal Zona Uni Eropa. Italy, Inggris, Prancis yang disajikan dalam suasana malam dengan dilengkapi alat transportasi yang terpajang serta bangunan Istana Buckingham Ratu Elisabeth yang berdiri kokoh. Selain itu, di dekat istana menyediakan tokoh sovenir yang bisa dibeli sebagai oleh-oleh. Selanjutnya bila sudah puas keliling eropa, masih ada Hollywood yang kami jelajahi. Zona terakhir ini juga menyuguhkan alat transportasi terutama mobil-mobil yang dipakai dalam film Hollywood.


Selain perjalanan kami diatas, ada satu hal yang tak kalah menarik yaitu Pasar Apung. Pasar ini menyajikan sovenir dan merchandise museum angkut. Juga berbagai jenis kerajinan seniman kota batu serta kamu dapat menikmati naik perahu dengan mendayung sendiri mengikuti rute yang telah disediakan. 

Pokoknya, kamu tidak akan menyesal kalau sudah masuk ke dalam museum yang satu ini. Jangan lupa untuk mengisi full baterai handphone dan siapkan power bank atau charger, karena disana juga tersedia stop kontak untuk mencharger. Namun,  mencharge akan membutuhkan waktu lama dan membuat petulanganmu bakalan terhambat. Dan Ini salah satu kesalahan saya, karena tidak menyiapkan power bank maka kemampuan baterai mulai melemah, jadi untuk beberapa zona hanya foto sekedarnya saja padahal banyak spot-spot menarik yang belum terabadikan.

                                                                Istana Buckingham

Bagaimana?
Semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi wisata untuk keluarga jika kamu berwisata ke Malang.


#OneDayOnePost
#NonFiksi
#TantanganReviewWisata

@gudesma_arin




You Might Also Like

9 komentar

  1. Wah jadi tertarik ke musium angkut padahal udah sering lewat sana😁

    BalasHapus
  2. Sepertinya semua alat transportasi dari semua negara ada ya

    BalasHapus
  3. Waah, menarik ya tempatnya. Harus ke sana nih, kalau ke Yogya lagi..

    BalasHapus
  4. Wah kalah cepat nih dengan kak Arin yang udah pernah ke museum angkut. Jadi punya gambaran sebelum kesana sendiri , tapi kapan yah

    BalasHapus
  5. Sudah sering dengar tentang Museum Angkut ini. Semoga suatu saat bisa kesana ^^

    BalasHapus
  6. Wah museum angkut. Jadi kangen mau ke malang lagiii...

    BalasHapus
  7. Terima kasih atas informasinya.. jadi pengen liburan ke malang

    BalasHapus
  8. sepertinya menarik dan wajib dikunjungi nih

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar