Gara-Gara Telegram Eror


Pada masa sekarang paket data adalah kebutuhan primer yang harus ada agar dapat terus terhubung di media sosial, aplikasi messenger, dan jalur akses lainnya. Namun ada satu masalah yang seringkali dihadapi pengguna ketika sedang asyik di dunia maya atau sedang berkirim pesan melalui aplikasi messenger yaitu pesan tidak terkirim (Pending). Hal inilah sangat menggangu dan seringkali datang secara tiba-tiba.

Dan sejak tiga hari terakhir ini jaringan internet di hp ku timbul-tenggelam gara-gara pemadaman listrik yang terjadi satu sampai tiga kali sehari selama waktu tidak kurang dari satu jam bahkan bisa sampai lima jam sehingga mengakibatkan salah satu aplikasi messenger yang aku gunakan tidak bisa berfungsi.

Aplikasi yang tidak berfungsi tersebut adalah telegram, messenger yang satu ini baru beberapa bulan lalu diinstal karena ada keperluan sehingga memaksaku untuk menginstalnya. Sebagai pengguna baru maka aku merasa asing dan bingung saat pertama kali, hal itulah terjadi saat telegram eror dan tidak bisa mengirim pesan.

Aku mencoba googling untuk mengetahui penyebabnya agar dapat menemukan solusi yang tepat dan tidak menghilangkan data yang pernah ada.

Berikut penyebab dan solusi yang ditawarkan.
1. Periksa paket data anda, hal terbesar yang membuat anda berhenti dan tidak bisa akses ke jaringan internet adalah kuota yang telah menurun hingga ke 0 Kb. Segera isi ulang dan daftarkan paket anda segera dan selamat menikmati kembali layanan internet. Hehehhe, penyebab umum yang sudah banyak diketahui oleh pengguna jasa internet.

2. Pemutusan jaringan oleh operator karena pemadaman listrik yang terjadi merupakan faktor yang sering dikeluhkan setiap pengguna internet. Maka sebagai pengguna, anda hanya bisa menunggu sampai listrik menyala untuk mendapatkan sinyal internet. Hal yang sering aku alami, hanya pasrah menunggu listrik menyala kembali. Tetapi, setelah listrik menyala, aplikasi telegram tetap tak berfungsi.

3. Menghapus chace atau membersihkan HP menggunakan aplikasi pembersih yang bisa di download di playstore atau layanan lainnya. Dan aku terjebak dalam kesalahan tips di nomor tiga ini yaitu terhapusnya semua file yang telah ku download baik berupa document, video, ataupun foto. Meskipun file sudah terhapus tetapi telegram yang aku gunakan masih tetap eror.
Jadi, dalam menghapus chace sebaiknya hati-hati karena langkah ini dapat menghilangkan beberapa data yang terdapat di Hp anda. Usahakan sebelum melakukan langkah ini, segera simpan dan amankan dokumen dan data yang menurut anda penting agar tidak terjadi penyesalan dikemudian hari.

Lalu aku melanjutkan penyebab dan solusi selanjutnya.
4. Update aplikasi yang sedang eror agar dapat digunakan kembali.
Akhirnya aku menemukan satu langkah yang membuat telegramku berfungsi seperti sedia kala. Sesuatu yang sangat sederhana sekali yaitu update aplikasi. Oh la la, aku terlambat menyadari bahwa aplikasi messenger yang sedang aku gunakan itu harus rutin di update. Ibarat baterai yang tidak pernah di charge maka akan mati begitu pula dengan aplikasi yang ada di HP. Jika sudah lama tidak diperbaharui maka akan eror dan fungsinya terganggu.

Karena sudah berhasil, semua tips selanjutnya di skip. Namun jika masih belum berhasil maka anda harus menghapus aplikasi yg eror tersebut kemudian instal ulang sehingga aplikasinya kembali ke awal saat pertama kali digunakan. Dan jika dengan langkah ini masih belum mengatasi masalah aplikasi eror. Sebaiknya berhenti untuk menggunakannya karena masih banyak aplikasi lain yang bisa diinstal.

*sedikit cerita tentang kebingunganku karena aplikasi telegram eror.

@gudesm_arin

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar