Pohon Kehidupan

Sumber : pixabay. com

Mari kita belajar kehidupan dari sebuah pohon.

Sebuah pohon yang memiliki akar yang kuat akan memberikan kekuatan lebih pada batang dan daunnya. Pondasi sebuah pohon adalah akar. Jika akarnya kuat maka pohon akan tetap tegak berdiri gagah meski diterpa angin yang kencang.


Jadi, menyiapkan pondasi adalah poin yang paling penting dalam menempuh kehidupan agar bisa bertahan dalam terpaan hidup yang penuh godaan seperti sekarang ini.

Dalam hidup, akar ibarat sebuah keyakinan kita kepada Tuhan. Keyakinan disini kita sebut iman, sesuatu yang diyakini dengan hati, diucapkan melalui lisan dan dibenarkan oleh perbuatan. Ketiga poin inilah yang menentukan kuatnya iman seseorang. Tetapi, manusia tak bisa mengukur kepastian besar kecilnya iman seseorang, karena hanya Allahlah yang maha tahu tentang iman hambanya.

Jika akar sebagai iman, bolehkah saya mengibaratkan batang sebagai islam. Sebuah tuntunan yang mampu mengokohkan iman. Jika lima poin islam direalisasikan maka, insyaAllah iman semakin kuat dan kokoh.

Selanjutnya daun, daun adalah kebaikan dan keburukan yang ada dalam diri. Belajar seperti daun, menggugurkan bagian buruk dan menyisahkan daun yang baik. Begitulah manusia yang baik, ia berusaha menghindari dan membuang keburukan, maka kebaikanlah yang dipertahankannya.

bunga adalah buah, maka diibaratkan dalam hidup buah adalah hasil yang kita ikhtiarkan dalam episode kehidupan ini.

Setiap kita berkeinginan mendapatkan hasil yang terbaik. Itulah puncaknya. Terus berikhtiar dan berdoa agar hasil akhir dari permainan hidup ini adalah sebuah kenikmatan yang didalamnya mengalir sungai-sungai.

Dan akhirnya marilah kita meneladani pepatah inspirasi yang mengatakan "Jadilah seperti pohon kurma, bila dilempar dengan batu, maka ia membalasnya dengan buah yang manis".

@gudesmaa21
4 Nop 17

You Might Also Like

0 komentar

Terima kasih telah meninggalkan komentar