Bedah Pertama Tulisanku


Hari ini sudah memasuki pekan keempat dalam program menulis yg sedang saya ikuti. Belum sekalipun aku bolos untuk posting di laman blog ini. Meski seringkali mood terus mempengaruhi kemalasanku dalam menulis, aku masih bertahan sampai sekarang. Entah kualitasnya baik atau buruk, aku terus saja menulis. Dan malam ini giliran tulisanku akan dibedah di grup cabai yg super pedas. 

Rasa dag dig dug terus menggerogotiku semenjak pagi. "Komentar apa yg akan diberikan oleh mereka" gumamku dalam hati. Bagus atau jelek? ah sudahlah... aku harus siap, apapun komentarnya. Mau krisan atau krisar yang penting merasakan bagaimana saat-saat tulisan dibedah. 

Seperti di bedah-bedah sebelumnya, yang lain menampilkan tulisan yg belum dipost. Aku juga bermaksud seperti itu, makanya hari ini postinganku lebih kecurcol yang tidak jelas.  

Oke. agar tulisan ini tidak menjadi sampah yg memenuhi halaman blog saya. 
Saya bagikan ilmu yg didapat dari bedah malam ini.
Kesimpulannya adalah....
1. Dalam penulisan cerpen sebaiknya penokohan  dimaksimalkan.
2. Hindari konflik yg standar. Perhatikan baik-baik alur cerita agar tidak terlihat loncat-loncat dalam penulisan, seperti terburu-buru untuk menyelesaikannya.
3. Dalam membuat Cerbung, sebaiknya dalam setiap episode dibuat sesuatu yg berkesan, baik dari tokoh atau konfliknya yg langsung monohok. 
4. Jangan sungkan untuk langsung masuk kecerita di paragraf pertama. contohnya memunculkan konflik pada kalimat pembuka.
5. Kalimat pembuka yg baik dalam cerpen biasanya semakin dekat ke ending
6. Paragraf pembuka bertele-tele pun tidak apa-apa dimunculkan asalkan asik dibaca
7. Showing dalam tulisan seharusnya lebih dimunculkan agar pembaca masuk dalam isi cerita tersebut.
8. Bila dalam bercerita ingin bermain gaya klasik, diksi harus tepat dan hindari gaya bertutur perkiraan cuaca.

Alhamdulillah. Lega rasanya tulisan sudah dikupas. 

You Might Also Like

2 komentar

  1. Wah langsung dibuat tulisan. Mantap semangat mba revisinya. Doakan saya untuk bedah tulisan selanjutnya 😵

    BalasHapus
  2. Heheheh... Iya...
    Semangat juga mb Dita.

    BalasHapus

Terima kasih telah meninggalkan komentar